Criminality rate is increasing in my country during this Covid-19 season. However, the town I live (Batu) can be regarded as safer place to live.
There was a small & unusual incident 2 days ago. I suck at explaning this, let alone in English, so I'll just use bahasa.

Di musim corona ini, toko karpet kami tutup. Selain sepi, bibiku juga di usia yang rentan tertular. Hanya saja bila ada pembeli khusus, kita masih melayani.

Dua hari lalu ada orang yang ingin membeli karpet untuk keperluan di beberapa pos pengecekan PSBB polisi. Ia sudah membeli di hari Selasa, jadi kami tidak curiga.

Pada saat pembeli pulang, aku baru sadar eh HPku ikut hilang. HPku sendiri ndak mahal (~3jtan), lusuh dan banyak goresan. Aku ingat benar aku naruh di atas etalase kaca. Setelah dicek dari CCTV, ealah ternyata HPnya ikutan terambil, pas aku memberikan kembalian di atas etalase kaca.

Repotnya kehilangan barang seperti phone atau dompet adalah hilangnya data/dokumen yang lebih penting dari barang itu sendiri. Phoneku sendiri tergolong normal, tapi data kerjaan kantor + dokumen pribadi ikut masuk di sana. Aku pakai Gmail + Google Drive extensively jadi banyak data sensitif kantor.

Pikiranku langsung ndak enak, jengkel rasanya GPS di HP tidak kunyalakan. Pas kucall juga tidak diangkat, entah apa karena PIN+fingerprint. Tapi setidaknya yang bawa HP juga sadar.

Setelah ke setidaknya 4 kantor polisi, sudah makin pesimis. Akhirnya pada saat tanya di salah satu pos PSBB polisi yang kecil, ada polisi yg cross check tanya apa hp yang digeletakkan di meja pojok itu hpku dan ternyata benar ! Aku diminta untuk call no hp tersebut untuk membuktikan. Sang pembeli tidak ada di pos tersebut. Mungkin ia kaget / merasa bersalah jadi ia meninggalkannya di pos PSBB, yang lantainya pakai karpet toko.

Meski tergolong perkara njeketek, tapi aku tidak menduga bakal bisa nemukan kembali. The whole story feels almost unbelievable.

Yang bisa kupetik:
- God bless me !!!
- CCTV is important. Resolusi kamera CCTVku kurang besar, jadi tidak bisa lihat plat nomor lebih jelas.
- Aku tidak drive car pada saat pikiran kacau, tapi pakai jasa tukang ojek depan rumah untuk keliling 2-3jam. It is nice to see there are good people around you!
- PIN / Fingerprint / Face unlock penting di HP
- Semua account sebisa mungkin perlu pake 2FA. Meski tidak ada efek dalam kasusku ini tapi setidaknya bisa memberikan peace of mind.